Sunday, January 15, 2017

Anda membuat murid BOSAN saat diajar? 7 cara JITU ini pas untuk anda !



Saat anda menanyakan pertanyaan kepada murid anda dan yang anda dapat hanya lah tatapan kosong yang tidak mengerti. Juga saat memanggil nama salah seorang murid dan dia seakan bungkam tidak paham dan mendapati murid sedang bermain game atau mendengarkan lagu melalui handphone nya, disaat itu lah murid merasa seakaan sedang mendengarkan cerita membosankan yang tidak perlu di perhatikan.

Mungkin gambaran diatas menjadi kondisi yang kita para guru takutkan dan harus kita hindari, cara pengajaran yang salah dan juga materi yang membosan kan mungkin biang dari permasalahan di atas.

mari kita bahasa 7 CARA JITU membuat kelas tidak membosankan.

1. Jangan biarkan diri terperangkap kondisi membosankan saat mengajar

Saat ada materi yang anda tidak sukai saat mengajar, apakah itu geometri,kalkulus, future perfect tense atau apapun disiplin yang anda ajarkan. Hal ini akan diperhatikan oleh murid anda dan juga berdampak terhadap siswa yang anda ajarkan.
Maksud nya ada lah pembawaan anda yang dimana tidak semangat akan membuat siswa menerima materi juga tanpa semangat KECUALI anda membuat topic/materi yang anda ajarkan menjadi menarik. Apabila anda mengajarkan sesuatu yang sudah anda ajarkan puluhan kali atau ratusan kali, selalu gunakan cara pengajaran yang berbeda walaupun materi nya sama.

2. Sisipkan hal yang Gila/Mengejutkan 

Anak didik, terutama sekolah dasar, menyukai sesuatu yang berbau mengejutkan dari hal yang biasa anda lakukan tetapi remaja dan dewasa juga tidak luput dengan ketertarikan atas cara ajar anda yang berbeda dari biasa nya. Contoh nya sediakan satu bola kristal dan berpura-pura menjadi peramal dan meramal nasib seorang siswa. Hal-hal seperti ini akan mendongkrak mood siswa siswi anda dikelas

3. Masukkan teater kedalam kelas

Mungkin membeli kostum teater atau pernak pernik teater agak sulit karena kita sebagai guru harus mengajar dengan waktu yang lumayan marathon.ekspresi wajah layak nya pemain teater,
 ubah suara kalian layak nya pemain teater atau seorang karakter. 

4. Buat mereka bergerak 

Ada seorang anak yang mungkin hampir tertidur dikelas, dan apa yang harus anda lakukan? buat diberdiri untuk melakukan sesuatu yang bersangkutan dengan materi. jangan takut untuk mengikut sertakan anak didik kita dengan cara permainan yang menuntut untuk bergerak berkeliling kelas.
apabila tidak memungkin kan untuk membuat games, paling tidak suruh dia untuk mengumpulkan kertas yang harus dikumpul

5. Kuasai daerah kelas anda

Jangan biarkan anak didik anda menebak prilaku anda saat masuk kekelas. yang dimaksudkan adalah terkadang ada guru yang duduk dari awal pelajaran sampai berbunyi bel berakhir nya pelajaran.
Buatlah pergerakan kesamping kebelakang kemana pun tempat yang berpotensi membuat anak didik anda melakukan sesuatu diluar kegiatan belajar mengajar. Hal ini menjadikan siswa waspada atau tidak melakukan hal yang tidak kita inginkan pada kegiatan belajar mengajar.

6. Gunakan kesukaan mereka

Kalian tidak akan membicarakan kebijakan president donald thrump kan pada saat mengajar? ya betul, cari lah topic yang langsung bersentuhan dengan ank didik kita.
Apabila anda mengajarkan remaja, gunakan topik misalnya sosmed, om telolet om atau apapun itu yang membuat mereka tertarik bahkan tertawa. selalu sesuaikan topic yang anda bicarakan kepada target ajar kita

7. Poles menjadi berkilau

Kadang-kadang masalah bukan terjadi antar kita dan murid kita, tetapi dengan buku yang kita dan anak didik kita pegang untuk pelajaran, tidak ada orang yang menodongkan pistol kekepala kita dan mengharuskan kita menggunakan setiap kata yang kita ajarkan berdasarkan buku. Adopsi dan ganti materi yang memang selayaknya diganti dengan sesuatu yang mungkin mendongkrak mood belajar anak. misal nya percakapan yang ada dibuku kita ganti dengan percakapan yang sering kita temui dikehidupan nyata

Sekarang anda resmi keluar dari zona MEMBOSANKAN, kita berharap jangan ada lagi sesuatu yang membosankan untuk diajarkan atau suasana yang membosankan pada saat kita mengajara.

Keep learning, keep anthusiast.
Jaya negeri ku !

1 comment:

  1. bagis bro... kebetulan saya guru.. memang guru itu harus inovasi... bukan hanya jadi teacher... tetapi manager, planner and leader

    ReplyDelete