Friday, January 20, 2017

Dipedalaman, Guru ini mengajar sambil gendong anak nya

        Guru adalah orang yang sangat berjasa bagi nusa dan bangsa, tanpa ada guru entah apa jadinya suatu  Negara. Guru mengajarkan suatu ilmu yang umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utamanya yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa siswinya.
        Namun mirisnya banyak kesejahteraan guru di pedalamaan tak terperhatikan. Penuntun bangsa di pedalaman ini terabaikan. Tujuan tulusnya hanya mencerdaskan bangsa tanpa mengharapakan suatu imbalan.berbagai rintangan dan kesulitan harus mereka lewati setiap harinya.

Berikut potret beberapa guru yang harus bersusah payah hanya untuk membagikan ilmunya



          Sri utami , beliau adalah guru bantu di derah pedalaman gorontalo, mirisnya anak ibu sri utami justru tidak sekolah. Sebagai guru bantu di daerah terpencil ia pun tak bisa berharap banyak pada gaji bulanannya. Bukan hanya tidak sanggup menyekolahkan sang anak, hidup Sri sendiri juga serba kekurangan.  

       Walaupun Telah mengabdikan jasanya selama 10 tahun nasibnya tak kunjung membaik. Harapan menjadi PNS pun sirna dengan umurnya yang sudah tak muda lagi. Namun semangat beliau untuk mncerdaskan bangsa tak pernah padam, ia selalu semangat walaupun harus melewati dua bukit plus dua anak sungai pula setiap harinya.

           
            Agustinus, adalah guru di SND20 Landau Bunga, di daerah pedalam Melawi. Untuk menuju ke sekolah Agustinus harus menyebrangi sungai yang ber arus deras selamaa 2 jam,
Bukan hanya itu saja tantangan yang di laluinya, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di sana sangat mahal, sedangkan gaji yang di dapatkannya begitu kecil alhasil ia harus hidup bersahaja.
sempat ia mengharapkan uang tunjangan dari pemerintah namun harapan itu pun sirna beriring dengan waktu yang berjalan. 

          Kini ia Tak peduli lagi dengan janji pemerintah, ia pun tetap mengajar dengan hati. Demi anak didiknya agar bisa mendapatkan nasib yang lebih baik. Setidaknya mampu menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Begitu besar perjuangan guru tangguh ini untuk mencerdaskan anak bangsa. Semoga dengan adanya artikel ini pemerintah lebih mengutamakan kesejahteraan guru di daerah terpencil.

No comments:

Post a Comment