Monday, January 30, 2017

Pendidikan Sedini Mungkin, Penentu Masa Depan !

                                      
Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu semua Warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan. Baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, sampai pendidikan menengah atas, semua itu bertujuan untuk mengasah dan membentuk karakter putra/putri bangsa. Pendidikan sangat erat hubungannya dengan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan di sertai dengan pemahaman karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menentukan proses pembelajaran bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual, sosial dan emosional.

                                         

        Namun tahukah anda, teryata pendidikn anak usia dinilah yang akan sangat berperan dalam penanaman dan pembentukan karakter suatu anak, karena sedini mungkin penerapan teradap pendidikan semakin besar peluang yang kita dapatkan untuk menggali potensi yang di miliki oleh anak tersebut.

         Sebelum membahas lebih lanjut, apa sih pendidikan anak usia dini? Pendidikan anak usia dini(PAUT) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang di tujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Yang di lakukan mulai dari memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam masuki pendidikan lebih lanjut yang di selengarakan oleh jalur formal, nonformal, dan informal.

Apa yang menjadikan pendidikan anak usia dini sangat penting ? berikut ulasan lengkapnya :

                                                   

Berdasarkan hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun,8 0% telah terjadi perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun, dan setelah itu walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Sehingga periode ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa. Sementara masa emas ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan berarti habislah peluangnya.

                                                

· Selain itu pendidikan anak usia dini akan memberikan kesiapan anak untuk menghadapi masa-masa kedepannya, karena pada saat menjalani pendidikan usia dini anak tersebut sudah mampu bersosialisasi dan siap untuk menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya yaitu .pendidikan dasar.

 Pendidikan anak usia dini adalah bentuk penyelengaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
                                                       

Menurut banyak penelitian. Anak yang mendapatkan pendidikan di usia dini akan belajar menjadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, percaya diri, punya rasa ingin tahu yang besar, bisa mengambil ide, mengembangkan ide, pergi ke sekolah lain dan siap belajar, cepat beradaptasi, dan semangat untuk belajar.

Sementara, anak yang tidak mendapat pendidikan usia dini, akan lamban menerima sesuatu. Anak yang tidak mendapat pendidikan usia dini yang tepat, akan seperti mobil yang tidak bensinnya tiris. Anak-anak yang berpendidikan usia dini tepat memiliki bensin penuh, mesinnya akan langsung jalan begitu ia ada di tempat baru. Sementara anak yang tidak berpendidikan usia dini akan kesulitan memulai mesinnya, jadinya lamban.


            Nah bunda, dari pemaparan di atas telah kita simak bersama pentingnya pedidikkan sedini mungkin pada buah hati anda, mari kita dukung dan arahkan anak kita untuk menjadi pribadi yang cerdas dan cemerlang dengan mengasah kemampuaan sedini mungkin.




No comments:

Post a Comment