Tuesday, January 24, 2017

Tips untuk siswa agar aktif bertanya pada guru.

Disetiap kelas, pasti akan menghadapi kendala yang sama, dan itu tidak jauh substansi pertanyaan di atas. Yaitu menjadikan siswa aktif bertanya, hhmm, memang apa sih bertanya itu ? Bertanya adalah “ucapan verbal yang meminta respon kepada yang di kenal”, respon itu bisa berupa pengetahuan sampai dengan hal-hal yang merupakan hasil pertimbangan. Jadi bertanya adalah stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir.

Dengan begitu, mengajak siswa aktif bertanya itu, caranya memainkan peranan penting sebab pertanyaan yang tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tepat akan memberikan dampak positif yaitu :
1. Meningkatkan partisipasi dalam belajar
2. Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu terhadap masalah yang dibicarakan
3. Mengembangkan pola dan cara belajar aktif
4. Menuntun proses berfikir siswa sebab pertanyaan yang baik akan membantu membuat jawaban yang baik juga.
5. Memusatkan perhatian siswa terhadap masalah yang sedang dibahas.

Nah, setelah itu ini upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bertanya siswa : Guru bertanya dalam bentuk permainan, agar bertujuan siswa kembali bertanya. Guru memberi tuntunan atas materi yang diajarkan. yaitu ketika siswa berfikir menjawab pertanyaan tersebut. Guru memberikan pengantar terlebih dahulu guru mengajukan pertanyaan agar sesuai dengan pengantar tersebut.


Tips nya sebagai berikut :
  • Guru memberikan beberapa pertanyaan dalam bentuk menggali atau membimbing siswa dalam menjawab. Pertanyaan ini maksudnya untuk menggali jawaban siswa yang telah diungkapkan agar lebih jelas.
  • Guru memberikan media yang menarik perhatian siswa. media merupakan “alat bantu yang dapat menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima pesan”
  • Guru memberikan hadiah bagi siswa yang bertanya. Hadiah merupakan salah satu alat yang dapat digunakan guru dalam menarik perhatian siswa dalam bertanya. Mereka akan terpacu untuk bertanya karena termotivasi mendapatkan hadiah.
Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melatih siswa menajamkan keterampilan bertanya siswa. jadi kegiatan ini harus dilakukan berkali-kali agar siswa bisa benar-benar menguasai keterampilan bertanya dan menjadi suatu yang alami dalam diri mereka ketika sedang melakukan proses pembelajaran di kelas.

No comments:

Post a Comment