Tuesday, January 17, 2017

Yuuk kita tilik perjalanan Kurikulum pendidikan dari masa ke masa

Kalian tau pendidikan diIndonesia bermulai pada tahun berepa? yuk tilik dimari !          
   

Kurikulum di Indonesia merupakan alat yang terpenting  dalam mencapai keberhasilan di suatu pendidikan. Tidak adanya kurikulum yang sesuai dan tepat akan menjadi sulit dalam mencapai sasaran dan tujuan dalam pendidikan. Di Indonesia ini telah terjadi perubahan kurikulum dan perbaikan kurikulum dalam guna menyesuaikan perkembangan dan kemajuan zaman, agar dapat tercapainya tujuan yang maksimal.



       Perubahan ini di dasari karena perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat,berbangssa dan bernegara di Indonesia yang tidak terlepas pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perubahan kurikulum dari tahun ketahun adalah kebijakan yang di ambil pemerintah. Alasannya karena untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Akan tetapi tujuan dari pemerintah ini adalah tidak selalu sejalan dengan yang ada di lapangan. Hal itu dikarenakan sering berubah-ubahnya kurikulum yang ada sehingga membinggungkan semua pihak yang notabene dapat menghambat kegiatan belajar mengajar. Meskipun ada dampak positif yang bisa diambil tetapi masih banyak dampak negatif yang perlu ditinjau.


Sejarah perubahan kurikulum di Indonesia yaitu :  


1.      Rencana pelajaran 1947 

   2.      Rencana pelajaran terurai 1952

   3.      Rencana pendidikan 1964
   4.      Kurikulum 1968
   5.      Kurikulum 1975



   6.      Kurikulum 1984
   7.      Kurikulum 1994 dan suplemen kurikulum 1999
   8.      Kurikulum 2004
   9.      KTSP 2006
   10.  Kurikulum 2013

       Perubahan kurikulum serta besarnya anggaran yang di alokasikan oleh pemerintah untuk pendidikan belumlah berbanding lurus dengan kualitas Pendidikan Indonesia sampai saat ini, yaitu dapat kita lihat dari :



   1.      Prestasi belajar siswa dari ujian Nasional
   2.      Akhlak pelajar


            Kedepan nya, ada baiknya pemerintah dan mungkin kita sebagai warga negara republik indonesia hendak nya lebih memperhatikan pendidikan dengan baik dan cermat, sehingga tercipta individu-individu yang berkualitas bagi bangsa dan negeri ini. Tak luput juga pemerintah seharus nya lebih memperhatikan aspek aspek yang dianggap penting seperti
 kompetensi guru, karena keberhasilan pendidikan itu banyak di pengaruhi guru.  Selain itu, kebutuhan pendidikan kini semakin kompleks, maka di sarankan agar tiap sekolah atau lembaga pendidikan menerapkan suatu sistem kurikulum yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekolahnya,dan masyarakat sekitar.

Jaya indonesia ku !

No comments:

Post a Comment