Saturday, February 4, 2017

begini 7 pola hidup baginda Rasulullah

Membahasa tentang ilmu dan keguruan, bagi umat islam, Nabi Muhammad lah yang menjadi acuaan dalam segala aktifitas sehari-hari. Beliau banyak mengajarkan hal-hal yang baik dari bangun pagi hingga terlelap dimalam hari nya. Tidak luput juga Beliau mengajarkan kepada kita bagaimana pola makan yang baik bagi tubuh kita sehari hari. Baik sahabat ruodianji, kita tilik 7 cara/pola hidu Nabi besar Muhammad SAW berikut ini :

1. Segelas air dingin dicampur madu asli untuk sarapan

Yang pertama dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk hidup sehat dengan sarapan di pagi hari. Menu sarapan Nabi Muhammad yaitu segelas air dingin dicampur dengan madu asli.

Dari sudut pandang dunia medis, madu berfungsi sebagai obat yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah dapat mengaktifkan usus dan membersihkan lambung. Tidak hanya itu, madu juga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan, sembelit dan wasir.

2. Tujuh buah kurma di waktu Dhuha

Selain sarapan, Rasulullah SAW juga mengkonsumsi 7 kurma matang pada saat memasuki waktu Shalat Dhuha yakni waktu pagi menjelang siang. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengkonsumsi tujuh buah kurma, maka dia akan terlindungi dari segala jenis racun”.

3. Roti dicampur cuka dan minyak Zaitun untuk makan siang

Pada waktu makan siang, Rasulullah SAW mengonsumsi roti dicampur cuka dan minyak zaitun. Jenis makanan yang dikonsumsi oleh Rasulullah tersebut memiliki banyak manfaat, di antaranya mencegah kepikunan, lemah tulang hingga kanker. Bahkan, juga dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat saat musim dingin.

4. Sayuran di malam hari

Pola makan Rasulullah selanjutnya adalah ketika malam hari suka makanan sayuran. Tidak hanya itu, Rasul juga kerap mengonsumsi tsarid, campuran daging dan roti yang dicampur dengan kuah air masak.

Labu air merupakan buah kesukaan Rasulullah. Labu air dapat mencegah penyakit gula. Selain itu, Rasulullah juga suka mengonsumsi buah anggur dan juga susu.

5. Tidak langsung tidur setelah makan

Rasulullah SAW juga tidak langsung tidur setelah makan. Beraktivitas secara ringan agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Biasanya aktivitas Rasulullah SAW tersebut yaitu sholat.

6. Berolahraga ringan

Rasulullah juga menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga. Biasanya beliau melakukan olahraga ringan seperti bermain dengan putera-puteri dan cucunya. Tidak hanya itu, beliau juga pernah lomba lari bersama istrinya, Aisyah.

7. Tidur lebih awal dan tidak begadang

Pola hidup sehat yang terakhir yaitu tidur lebih awal. Dia tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Maka dari itu, beliau tidur lebih awal setelah Sholat Isya dan mengobrol sebentar. Tujuannya, yaitu agar beliau dapat bangun untuk Sholat Tahajud dan Subuh.


Nah sudah ada pencerahan sahabat ruodianji?, mari kita terapkan apa yang sudah Nabi besar kita ajarkan, niscaya kita terhindar dari sesuatu yang buruk apabila mengamalkan nya, InshaAllah.

3 comments:

  1. Ijin bookmarks gan, Ane terharu dan terinspirasi jika mendengar tentang baginda Rasullullah SAW 👍🙏

    ReplyDelete