Sunday, February 5, 2017

Cara jitu hadapi murid yang tidak disiplin !

Mungkin semua GURU memiliki hal yang membuat hati kita bikin sesak dan geram, salah satu nya adalah murid yang tidak disiplin. Mungkin semua guru mengalaminya ya. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi hal hal seperti ini? Baik mari kita tilik 10 cara menghadapi siswa yang tidak disiplin.

1. Tunjukkan Ekspektasi di awal.

Apa yang dimaksud kan ekspektasi, ekspektasi adalah harapan guru terhadap siswa selama kegiatan KBM berlangsung. Atur lah ekspektasi di awal tahun ajaran baru, sehingga anak didik kita mempunyai latar belakang tentang apa yang diharapkan oleh guru. Ada pepatah lawas yang mengatakan, guru yang baik tidak tersenyum sampai lebaran tiba. Sebenar nya tidak perlu seperti itu juga menurut saya hehe. 
Apabila anda terlambat untuk menunjukan ekspektasi anda, jangan khawatir ! selalu ada waktu untuk itu, misal nya pada awal bulan.

2. Buat peraturan bersama

Biarkan anak didik anda ikut berperan aktif membuat peraturan yang akan diterapkan pada KBM berlangsung. Sebelum membuat peraturan, ada baiknya anda menanyakan situasi belajar yang bagaimana kah yang mereka inginkan. Dengan mengarahkan murid anda untuk berdiskusi, murid anda akan menentukan peraturan yang mereka inginkan dan juga yang andak inginkan. Murid didik anda akan lebih mematuhi peraturan tersebut dan saling mengingatkan satu sama lain

3. Hubungi orangtua

Menjadikan orang tua sebagai voulentire untuk melakukan aktifitas pembelajaran. Misalnya pelajaran biologi organ tubuh manusia, jadikan orang tua salah seorang orang tua dari 1 murid atau lebih untuk menjadi model/alat untuk memperagakan pelajaran yang dipelajari.

2 comments:

  1. Percuma. Kalo dr dasarnya bandel. Mau dr lingkungan keluarga dulu haha

    ReplyDelete
  2. hahaha keren,,, mungkin ini bisa jadi alternatif guru....

    ReplyDelete