Wednesday, February 22, 2017

Konsultasikan Alergi Obat Agar Tidak Membahayakan

Alergi obat merupakan reaksi yang berlebihan pada sistem kekebalan tubuh terhadap obat tertentu yang digunakan. Kondisi ini berbeda dengan efek samping dari obat seperti biasanya. Umumnya, alergi obat ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh berusaha memerangi zat yang berada di dalam obat tersebut. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh menganggap bila obat merupakan substansi yang akan menyakiti tubuh, agar tidak terjadi reaksi yang berlebihan lebih baik konsultasikan alergi Anda.


Reaksi obat biasanya muncul dengan bertahap seiring dengan sistem kekebalan tubuh pada antibody untuk melawan obat. Reaksi ini mungkin akan muncul tidak secara langsung ketika pertama menggunakan obat. Di tahap penggunaan pertama, sistem kekebalan tubuh menilai bila obat merupakan hal yang berbahaya untuk tubuh dan mengembangkan antibody secara perlahan-lahan pada pengguna yang berikutnya. Antibody akan mendeteksi serta menyerang substansi dari obat yang dikonsumsi. Prose ini yang bisa memicu gejala alergi obat.

Sebagian besar dari alergi obat mempunyai gejala yang cukup ringan, selain itu biasanya bisa reda dalam beberapa waktu sesudah berhenti mengkonsumsinya. Ada beberapa gejala umum dari alergi yang bisa dicermati. Gejala ini seperti ruam bentol di kulit, gatal, batuk-batuk, hidung tersumbat, sesak napas, napas pendek, mata berair dan pembengkakan. Walaupun demikian, reaksi yang parah juga bisa memicu reaksi alergi yang menyebabkan kegagalan fungsi sistem tubuh dengan meluas. Kondisi ini bisa berakibat fatal dan serius.

Ada berbagai macam obat yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Hampir semua obat memang bisa memang bisa memicu reaksi yang tidak diinginkan dari tubuh namun tidak semua reaksi. Beberapa jenis obat yang memicu terjadinya kondisi alergi ini seperti antibiotik, anti inflamasi, aspirin, krim, anticonvulsant, vaksin, insulin dan obat-obatan untuk kemoterapi. Saat berada di rumah sakit, biasanya dokter akan melakukan tes alergi terlebih dahulu, apakah Anda memiliki alergi pada obat tertentu, jika Anda memiliki alergi pada obat tertentu, dokter tidak akan memberikannya. Namun, lebih baik Anda konsultasikan untuk mengenal alergi ini pada dokter yang merawat Anda.


No comments:

Post a Comment