Tuesday, February 28, 2017

Trik berhemat Untuk Anak Kos.




Nasib anak kos memang harus selalu pas-pasan, karena semuanya harus di rencanakan dengan seksama,
Uang kos, uang buku, uang makan, dan lain-lain benar-benar menghabiskan kantong mahasiswa. terlebih lagi karena jauh dari orang tua dan harus hidup mandiri. Beragam keperluan sekolah dan kebutuhan pribadi juga menjadi pertimbangan mahasiswa untuk berhemat dan menyimpan uang untuk kebutuhan yang lebih penting.

Nah, buat kamu para anak kos, supaya semua kebutuhan dapat terpenuhi dan uang kamu cukup mari ikuti trik-trik di bawah ini.

1. Tidak perlu beli air mineral di swalayan, bawa air minum sendiri di kos.



Kebutuhan minum air putih memang tidak bisa dihindari. Selain alasan haus, kamu perlu menjaga kesehatan dengan minum air putih. Karena banyaknya kebutuhan minum air putih, kamu bisa mengakalinya dengan membuat air minum di kos. Yang kamu perlukan hanya kemauan dan ketidakmalasan dalam membuatnya. Selain itu, kamu harus membeli botol air minum pribadi. Dengan ini, kamu bisa menabung uang sedikit demi sedikit. 

2. Pergi ke pasar lalu masak sendiri di kos.



Memang ada pilihan untuk membeli makanan di depot atau warung. Selain itu, masak memang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Namun, alangkah lebih baiknya berpikir jangka panjang. Dengan memasak sendiri, kamu paham bahan apa saja yang kamu gunakan dalam masakan itu, selain lebih sehat, kamu mampu belajar mandiri untuk persiapan di masa depan.
 
3. Kalau perlu, jangan jajan di kantin, bawa aja makanan dari kos.
Cara paling cepat dan instan saat lapar di kampus adalah pergi ke kantin dan makan di kantin. Tapi, jika kamu memilih masak dan membawa nasi dari kos. Wah, kamu sudah bisa hemat berapa rupiah dalam sehari. Sedikit demi sedikit, lama-lama akan menggunung loh.
 
4. Perkuat iman jangan ngemil di tengah-tengah jam kuliah.

Rasa bosan dan penat di perkuliahan memang terkadang tidak bisa dihindari. Rasa kantuk pun biasanya dilewati dengan cara ngemil dan makan snack di kelas. Jika dihitung, kamu bisa menghabiskan berapa rupiah jika kamu lakukan setiap hari. Maka dari itu, belajar untuk tidak ngemil dan mungkin kamu bisa ganti dengan minum air putih saja. Lebih sehat~

5. Jika butuh nge-print, cobalah go green pakai kertas bekas.
Kalau kamu peduli lingkungan, pasti hal kecil yang kamu lakukan adalah gak membuang-buang kertas. Kamu bisa mengakalinya dengan print tugas dengan kertas bekas. Tipsnya, sebelum print kamu bertanya dosen dahulu, apakah boleh menggunakan kertas bekas. Karena pasti ada beberapa tugas yang memperbolehkannya kok. Dengan begini, kamu gak perlu membeli kertas lagi untuk print.
 
6. Terbiasalah membawa botol air dari kos.
Sebagian tempat umum di Indonesia menyediakan air minum. Nah, daripada kamu kehausan dan harus membeli air minum di toko terdekat. Kamu wajib menyimpan dan membawa botol air di tas supaya tidak terduga membeli air atau minuman lain di toko.
 
7. Rajinlah mencatat di kelas, jadi gak perlu buang uang untuk fotocopy.

Supaya gak repot mencatat, biasanya mahasiswa fotocopy catatan teman sebelah atau print presentasi di kelas. Secara tidak sadar, ini pula membuat kantong mahasiswa terkuras habis. Maka dari itu, kamu wajib fokus dan mencatat hal penting di kelas supaya gak perlu lagi membuang uang untuk fotocopy.

Tujuh cara di atas terkesan menyiksa ya guys, terlebih bagi anak yang baru belajar hidup mandiri. wah pasti sangat berat ya. tapi tenang kalo kamu menjalaninya dengan ihklas dan sungguh-sungguh itu tidak akan menjadi masalah buat kmu. dan positifnya udah pasti kamu akan menjadi lebih hemat. yuk mari kita coba dari sekarang.

No comments:

Post a Comment