Monday, March 20, 2017

Olahraga Terus, Makan Dikit? Bukannya Langsing Malah Bikin Sakit !

Apakah kamu memiliki masalah dengan berat badan?? jika jawabannya ia, apakah kamu adalah tipe orang yang semaksimal mungkin olahraga menghindari makan , namun hasil yang kamuj dapatkan bukannya kurus tapi malah sakit??? Begini gils olahraga memang bisa bikin tubuh sehat. Olahraga bisa membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Bahkan olahraga perlu dilakukan kalau mau punya tubuh langsing. Tapi itu bukan berarti kamu harus olahraga terus tapi nggak makan sama sekali lho ya.



Tubuh bisa jatuh sakit kalau terlalu divorsir untuk olahraga tapi tak mengimbanginya dengan makan yang cukup. wanita yang banyak berolahraga namun tidak makan cukup cenderung akan menderita female athlete triad syndrome. Apa itu female athlete triad syndrome?

Female athlete triad syndrome
merupakan suatu gangguan yang meliputi 3 gejala, yaitu siklus menstruasi tidak teratur, kurang bertenaga, dan kepadatan tulang yang rendah. Ahli bedah ortopedi sekaligus kepala kedokteran olahraga perempuan di Brigham and Women's Hospital, Boston, Dr Elizabeth Matzkin mengatakan bahwa banyak orang yang tidak memperhatikan hal itu. Padahal gangguan tersebut sangatlah berbahaya.

Elizabet juga mengatakan bahwa wanita yang berolahraga lebih dari satu jam per hari memerlukan asupan 3.500 kalori untuk mencukupi keperluan "bahan bakar" dalam tubuhnya. Sementara jumlah kalori sebanyak itu justru ditakuti kebanyakan wanita dewasa dan remaja karena takut gemuk atau khawatir berat badannya naik.

Sebenarnya wanita muda sangat disarankan untuk menjaga kepadatan tulangnya sebelum menginjak usia 25 tahun. Kenapa? Karena setelah mencapai usia 25 tahun, beberapa tulang yang keropos memang dapat diperbaiki, namun tidak akan bisa dikembalikan ke keadaan semula. Jadi penting banget ya mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dari konsumsi makanan sehat dan seimbang selain olahraga yang teratur.

Imbangi olahraga rutin dengan konsumsi makanan sehat yang seimbang untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.menjadi kurus bukan satu-satunya tujuan dalam hidup mu bukan, jika kamu masih memiliki mimpi yang lebih tinggi, sebaiknya mulai sekarang jangan terlalu memforsir tubuhmu gils, cukupi asupan makanan bergizi dan fikirkan masa depanmu nanti, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment