Monday, September 11, 2017

Memilih Reksadana Terbaik Bagi Para Pemula dengan Tips Sederhana

Di era modern seperti sekarang ini, sudah saatnya masyarakat mulai berinvestasi sebagai langkah awal dalam mempersiapkan masa depan yang cerah. Namun sayangnya, keterbatasan informasi membuat masyarakat awam masih belum begitu memahami dan bahkan pesimis terhadap investasi. Padahal investasi sendiri memiliki banyak jenis dan bentuk, salah satunya adalah reksadana. Reksadana tak hanya bisa menjadi milik orang-orang yang berkecimpung dalam pasar modal maupun orang-orang yang memiliki modal besar, melainkan juga orang-orang awam seperti kita. Bagi yang ingin mencoba berinvestasi dengan reksadana, berikut ini adalah beberapa tips memilih reksadana terbaik bagi para pemula:


  1. Tentukan jangka waktu.
Investasi terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jangka waktu investasi. Menyesuaikan jangka waktu investasi dengan kebutuhan dan modal yang kita miliki adalah hal yang sangat penting. Untuk para pemula, sangat disarankan untuk ‘main aman’ dengan reksadana pasar uang. Investasi ini cocok bagi orang yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek misal untuk pendidikan anak dalam jangka waktu 6-12 bulan saja, maka reksadana pasar uang adalah jenis yang terbaik. Sesuaikan jangka waktu dengan kebutuhan.

  1. Pilih reksadana sesuai jangka waktu.
Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa masing-masing jenis reksadana memiliki jangka waktu tertentu. Ada 4 macam reksadana. Untuk investasi jangka pendek, kurang dari 1 tahun hingga 2 tahun, jenis yang cocok adalah reksadana pasar uang, untuk rentang waktu 2-4 tahun, reksadana pendapatan tetap, untuk rentang waktu 4-6 tahun, reksadana campuran adalah yang terbaik dan untuk kendaraan investasi dalam jangka panjang, misal di atas 5 tahun maka pilihlah reksadana saham.

  1. Pilih manajer investasi yang tepat.
Langkah yang terakhir, pilihlah manajer investasi yang tepat dan terpercaya, Anda bisa mencari referensi dari internet. Pilihlah manajer investasi yang memang sudah terdaftar dalam Badan Reksadana (Bareksa) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu manajer investasi yang tepat adalah BNP Paribas. Mengapa? Karena BNP Paribas merupakan salah satu lembaga perbankan internasional yang memiliki beragam jenis beli reksadana untuk Anda.

No comments:

Post a Comment