Tuesday, October 29, 2019

Hunian Keluarga yang Nyaman di Koja

Memiliki rumah sendiri di Koja tentu menjadi pilihan tepat bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan sudah berkeluarga. Umumnya mereka berasal dari tempat yang jauh atau sedang merantau. Bagi keluarga muda pastinya mendambakan rumah sendiri untuk tempat tinggal keluarga kecilnya.



Memilih rumah tentu perlu beberapa pertimbangan, terlebih lagi jika terdapat anggota keluarga yang masih anak-anak. Perkembangan anak bisa terganggu, apabila salah memilih rumah. Berikut beberapa tips untuk rumah yang bisa mendukung perkembangan anak dengan baik.

Tips Memilih Rumah untuk Keluarga dan Anak 

Lokasi rumah dekat taman bermain 

Setiap tinggal di sebuah tempat, hal yang dipertimbangkan paling utama adalah lokasi. Rumah yang berada di kawasan strategis seperti dekat fasilitas umum adalah yang paling banyak dicari. Hal tersebut dikarenakan lokasi tempat tinggal yang strategis akan memudahkan untuk menjangkau suatu tempat. Lokasi rumah yang akan ditinggali bersama anak sebaiknya dekat dengan taman bermain. Sekarang ini hampir setiap kota memiliki taman bermain publik yang bisa digunakan oleh anak-anak. 


Rumah dekat dengan taman bermain akan menarik si anak untuk mau keluar dan bergaul dengan lingkungan sosialnya. Biasanya saat melihat anak yang sebaya bermain, si kecil akan penasaran dan ingin ikut mencoba. Selain itu, usahakan juga untuk membeli hunian yang sudah berstatus hak milik atau rumah yang memiliki SHM. Rumah dengan dokumen tersebut memiliki status hukum yang paling tinggi dibandingkan dengan surat-surat rumah lainnya seperti hak guna bangunan atau HKB, akta jual beli atau AJB, maupun girik. 

Hindari rumah dekat tempat hiburan 

Mendapatkan rumah dengan harga sewa murah tentu diinginkan oleh banyak orang. Namun untuk Anda yang berencana mengontrak dengan anak, sebaiknya jangan asal pilih murah. Pertimbangan lingkungan sekitar rumah tersebut. Jika dekat dengan tempat hiburan, seperti kafe, karaoke, atau bahkan mall, bisa membuat perkembangan anak kurang baik. Tempat-tempat seperti itu umumnya digunakan orang untuk menghabiskan uang dan bersenang-senang.

Apabila anak dari kecil melihat kondisi tersebut, saat dewasa bisa tumbuh dengan sifat konsumtif seperti orang-orang yang sering dilihatnya. Maka dari itu sebaiknya pilih yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan tempat hiburan.

Mengecek lokasi dapat dilakukan oleh masyarakat yang ingin membeli properti atau rumah. Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting untuk mendapatkan rumah yang tepat. Beberapa lokasi yang bagus untuk sebuah hunian tempat tinggal antara lain adalah di pusat kota, dekat sarana transportasi, bebas banjir, lokasi dengan air tanah bagus, dan jauh dari pemakaman. Lokasi tersebut ideal untuk tempat tinggal, sehingga Anda bisa menikmati rumah dengan penuh kenyamanan. 

Perhatikan dengan jarak jalan raya 

Anak kecil sangat senang untuk bermain di halaman depan. Namun hal yang perlu diwaspadai adalah anak keluar dari batas rumah dan ke jalanan. Apabila jalanan ramai dan orang tua lalai sebentar saja, keselamatan si kecil dipertaruhkan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya perhatikan jarak rumah dengan jalan raya. Apabila hanya ada yang dekat jalan raya, maka sebaiknya rumah memiliki pengaman seperti tembok keliling yang dipagar. Pagar keliling tersebut dapat mencegah anak berlari keluar menuju jalan. Jangan lupa untuk selalu mengunci pagar, agar si kecil tetap di dalam saat pemiliknya sedang keluar. 

Keamanan di dalam maupun di luar lingkungan rumah adalah hal penting khusus untuk Anda yang memiliki anak-anak. Rumah idaman adalah rumah yang nyaman dan aman untuk ditinggali. Itulah mengapa memperhatikan faktor keamanan lingkungan perlu diperhatikan. Sebelum memutuskan membeli hunian, perhatikan sistem keamanannya seperti petugas security atau pemasangan CCTV. Sarana penunjang seperti ruang bermain, taman, dan akses internet juga bisa menjadi nilai tambah bagi sebuah hunian. 

Bukan daerah rawan bencana 

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih Rumah adalah kondisi kawasannya. Tempat tinggal yang bagus untuk perkembangan anak adalah yang aman dari bencana. Daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, tanah bergerak, hingga gempa bumi tidak terlalu bagus untuk perkembangan si kecil. Anak membutuhkan tempat yang nyaman untuk tumbuh dan berkembang. Apabila tinggal di Rumah rawa bencana banjir misalnya. Bencana bisa datang kapan saja dan kenangannya bisa bertahan cukup lama. Berada di Rumah rawan bencana tidak baik untuk keselamatan si kecil. 

Selain itu, apabila si kecil menjadi salah satu korban bencana juga dapat menyebabkan trauma pada anak. Hal tersebut dapat mengganggu perkembangannya untuk menjadi anak yang tanggung dan berani. Sebelum membeli, pelajari pula seperti apa kualitas rumah yang bagus atau bahkan tahan gempa. Oleh sebab itu, membeli rumah juga perlu memperhatikan spesifikasi bangunannya. Rumah dengan bahan bangunan yang berkualitas tentunya akan memiliki usia pemakaian yang lebih lama. Anda bisa memperbanyak informasi mengenai bahan bangunan terbaik untuk rumah agar dapat memilih hunian yang tepat dan nyaman. 

Rumah dengan ruang hijau yang cukup 

Ruang hijau adalah bagian penting untuk lingkungan saat ini. Banyak pengembang perumahan atau apartemen yang gencar untuk menciptakan ruang hijau bagi penghuninya. Kondisi lingkungan yang asri tersebut pastinya memiliki kualitas hidup masyarakat yang bagus. Hal yang sama juga berlaku untuk mendukung perkembangan anak. 

Pilih rumah yang memiliki taman walaupun tidak terlalu luas. Jika tidak bisa menemukan rumah seperti itu, sebaiknya pilih yang dekat dengan taman publik. Jadi si kecil bisa lebih mudah untuk bersenang-senang di taman. Rumah yang menyediakan ruang terbuka hijau sangat membantu tumbuh kembang anak. Si kecil bisa sambil diajarkan untuk mengenal alam, tumbuh-tumbuhan, dan menjaga lingkungan.

Rumah dijual di Koja mungkin bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. Apalagi di Jakarta sudah banyak taman-taman dibangun di sekitar kompleks pemukiman masyarakat. Hal tersebut bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak. Tidak hanya untuk beristirahat, rumah Anda akan menjadi tempat untuk menciptakan keluarga dan berbagai memori indah bersama anak serta anggota keluarga lainnya. 

Memperhatikan kondisi atau kriteria rumah seperti di atas cukup penting. Namun tidak kalah penting adalah untuk menciptakan suasana di dalam rumah yang tenang, nyaman, dan penuh kasih sayang.

No comments:

Post a Comment